MASLAKON

MANCING IKAN GABUS CARA UNIK

Ikan gabus merupakan salah satu ikan predator yang jadi target favorit para mancing mania fresh water. Biasanya mancing gabus pada umumnya menggunakan umpan froggy dengan cara teknik mancing casting. Biasanya ikan gabus hidup di kawasan rawa-rawa atau genangan air yang banyak ditumbuhi rerumputan. Ikan gabus makanan utamanya adalah ikan-ikan kecil dan katak yang masih hidup.

Ada beberapa pemancing tradisional yang mancing ikan gabus dengan cara mancing konvensional yaitu dengan menggunakan umpan hidup atau live bait seperti ngoncer ikan kecil atau ngoncer katak yang masih hidup. Kadang juga mancing ikan gabung dengan potongan ikan mati atau menggunakan katak utuh yang sudah mati walaupun cara ini lebih susah untuk mendapatkan target ikan gabus, karena ikan gabus suka akan umpan yang seakan-akan bisa bergerak. Kali ini kita akan memberikan informasi tentang cara mancing ikan gabus dengan cara yang unik dan tidak lazim digunakan banyak para mancing mania.

cara mancing ikan gabus cara unik umpan itik anak bebek kecil


Mancing ikan gabus dengan itik anak bebek

Cara mancing ikan gabus berikut bisa dikatakan unik karena menggunakan itik atau anak bebek yang masih hidup. Cara mancing ikan gabus ini bukannya itik dijadikan umpan buat ikan gabus, tetapi anakan bebek yang masih kecil ini hanya sebagai media untuk mengundang perhatian ikan gabus agar mau datang dan menghampiri umpan.

Alat pancing yang diperlukan cukup sederhana yaitu seperangkat alat pancing berupa line mono, mata pancing, joran tegek bambu dan itik atau anak bebek. Caranya yaitu alat pancing dirakit dahulu seperti biasanya kita mancing menggunakan alat pancing tegek bambu. Untuk alat-alat pancingnya bisa didapatkan di toko pancing kawasan anda berada. Kemudian itik diikatkan ke ujung senar pancing. Tapi ingat untuk mengikat itik diusahakan itik tetap bisa bergerak bebas. Jangan sampai mengikat itik terlalu kencang sehingga itik tercekik sehingga bisa menyebabkan itik mati. Setelah itik terikat kemudian dipasang mata pancing di bagian bawah itik sekitar 10 cm. Isi mata pancing dengan umpan cacing atau keong ataupun katak yang mati. Setelah semuanya beres, maka cari spot yang berpotensi dihuni sama ikan gabus. Biasanya ikan gabus suka bersembunyi di semak-semak rumput atau ganggang yang ada di pinggiran danau atau kolam. Letakkan umpan dan itik di semak-semak tersebut. Tunggu beberapa saat sampai itik bergerak-gerak untuk memancing perhatian ikan gabus mendekat. Setelah ikan gabus mendekati itik, maka ikan gabus tersebut akan menyambar umpan yang sudah kita pasang tadi. Biasanya ikan gabus yang menyambar umpan berukuran besar, karena ikan gabus kecil justru malah takut kalau melihat pergerakan itik.

Demikian sedikit ulasan tentang cara mancing ikan gabus dengan cara unik. Selamat mencoba dan semoga sukses.

No comments :

Post a Comment