MASLAKON

IKAN KETING

Ikan keting adalah sejenis ikan catfish yang biasanya hidup di sungai, muara dan pinggiran laut. Ikan ini memiliki ciri-ciri berupa 3 buah patil (sengat), memiliki kumis, berkulit halus tanpa sisik dan licin. Ikan ini mirip seperti ikan sembilang tapi biasanya ikan keting ukurannya lebih kecil dibanding ikan sembilang. Ikan keting juga mempunyai ekor yang bercabang dua.

keting


cat fish

Ikan keting biasanya sangat dibenci oleh para mancing mania terutama yang sedang berburu ikan kakap putih/barramundi. Ikan keting selalu memakan umpan yang sebenarnya dikhususkan untuk berburu kakap putih. Namun ada juga para mancing mania yang sengaja berburu ikan keting karena ikan ini sensasi strike cukup lumayan walaupun sangat jauh dibanding dengan sensasi strike ikan yang lain. Rata-rata mancing mania yang berburu ikan keting hanya mengejar omset saja daripada tidak dapat ikan sama sekali. Cukup hanya menggunakan alat pancing yang sederhana saja ikan keting sangat mudah dipancing

ikan keting

Ikan keting termasuk golongan ikan yang sangat rakus sekali sehingga cara mancingnya juga sangat mudah bahkan ikan keting dinobatkan sebagai ikan yang paling gampang dipancing sedunia. Tidak ada umpan khusus untuk mancing ikan keting. Hampir semua umpan yang asalkan berbau amis pasti dimakan sama ikan keting. Teknik mancingnya hampir sama dengan teknik mancing ikan sembilang

Ada juga yang berpendapat bahwa ikan keting termasuk ikan yang sangat jorok sekali karena dia juga suka makan (maaf) kotoran manusia dan kotoran hewan. Tapi hal itu terjadi biasanya di sekitar muara sungai atau pinggir pantai yang para penduduknya memiliki kebiasaan yang kurang baik membuang kotoran sembarangan. Apabila mancing mania memang ingin memancing ikan keting diharapkan memilih spot mancing yang lingkungan sekitarnya bersih agar ikan keting hasil tangkapan juga bersih.

Pengalaman saya sendiri sewaktu masih kecil sangat suka mancing ikan keting. Hanya bermodalkan joran alakadarnya, senar juga asalkan tidak kusut, mata kail ukuran sedang dan umpan cacing laut. Dalam waktu 1 menit bisa mendapatkan 2 ekor ikan keting.

Tidak usah ragu untuk mengkonsumsi ikan keting. Yang perlu dijadikan pedoman adalah setiap makhluk yang hidup di air laut hukumnya halal untuk dikonsumsi.



Semoga informasi tentang ikan keting ini bermanfaat bagi mancing mania seluruh Indonesia pada khususnya dan bagi mancing mania seluruh dunia pada umumnya.

2 comments :

  1. Alam diciptakan oleh Allah sudah sangat lengkap dengan ekosistemnya, bisa kebayang enggak klw seandainya tidak ada hewa, tumbuhan atau micro organisme yg memakan kotoran hewan lain/manusia, pasti dunia kita akan dipenuhi dengan tinja.hehe
    Jadi menurut newbie wlw ikan itu makan tinja secara biologis tetap dicerna oleh tubuh, sama halnya sayuran yg di pupuk kotoran ternak, cuma yg perlu diperhatikan iyalah kebersihan saat pengolahan, bisa juga di pelihara beberapa hari dlm air bersih sebelum di masak.
    By The Way Nice Posting Brow.
    Salam.

    ReplyDelete
  2. makasih bos atas masukannya yang sangat bagus.... ;-)

    ReplyDelete