MASLAKON

TEKNIK MANCING IKAN SEMBILANG

Ikan sembilang adalah ikan yang sering berdomisili di pinggir laut atau di muara sungai. Ikan sembilang ini hidup secara bergerombol dengan sekumpulan ikan sembilang. Sifat dari sembilang adalah sangat rakus sekali memakan semua apa yang bisa dimakan oleh sembilang. Tak heran jika untuk mancing ikan sembilang ini sangat mudah dibanding dengan mancing ikan jenis lain yang ada di pinggir laut.

cara mancing ikan sembilang
 Ikan sembilang

Teknik mancing ikan sembilang

Mancing sembilang kalau lagi musimnya gampang, biasanya kalau mancing sembilang dalam keadaan habis habis hujan dan air agak keruh bisa panen sembilang banyak. Untuk cara jitu dan ampuh mancing sembilang, mancing mania bisa pakai dasaran timah di bawah rangkaian 2 sampai 3 kail/kumis. Umpan sembilang bisa menggunakan udang kupas atau yangg lebih ampuh dan jitu pakai udang hidup. Saya sendiri biasanya mancing sembilang di bagan pinggir, kondisi pasang mau surut, dan pagi hari paling tepat untuk mancing sembilang.

rangkaian pancing ikan sembilang
Rangkaian pancing 2 kail/kumis untuk sembilang


Bisa juga mancing mania memancing sembilang dengan menggunakan umpan kepiting soka dengan cara langsung ditempelin ke hook. Jangan khawatir karena kepiting soka ini cangkangnya lunak, sehingga sangat enak di mulut sembilang. Tapi untuk mendapatkan kepiting soka untuk sembilang agak susah karena harganya yang sedikit agak mahal. Ikan sembilang juga suka makan umpan berupa kerang putih dan cacing klelet karena baunya sangat amis sekali sehinga bisa menarik perhatian sembilang untuk memakannya.

umpan ikan sembilang
Kepiting soka


Untuk mancing ikan sembilang mancing mania tidak perlu melempar umpan terlalu jauh, karena ikan sembilang biasanya bersembunyi di bebatuan, rumpon, tiang-tiang jembatan atau lainnya yang bersifat menahan arus untuk sembunyi ikan sembilang. Mancing sembilang cukup menggunakan pemberat yang kecil dan melemparkannya ke pinggir dengan kedalaman sekitar 25-75 cm.

Saat menggunakan udang kupas untuk sembilang, ada kelemahannya yaitu setelah umpan dilempar maka sebelum ikan sembilang memakan umpan biasanya umpan udang kupas akan dimakan oleh ikan-ikan kecil, sehingga sembilang mau makan umpan sudah habis. Disarankan bagi mancing mania untuk memancing sembilang dengan umpan udang lebih baik menggunakan udang hidup dari pada menggunakan udang kupas.

Kalau mancing ikan sembilang sebelumnya lebih baik mancing mania bertanya-tanya dulu sama mancing mania yang sering mancing ikan sembilang di tempat itu dimana letak ikan sembilang sering didapatkan. Soalnya ikan sembilang itu seperti manusia yang mempunyai rumah tempat tinggal. Tapi rumah tinggal ikan sembilang itu didalam lumpur. Kalau sudah mengetahui letak-letak rumah ikan sembilang langsung pancing saja tempat itu supaya target sembilang bisa didapat. Hasilnya akan beda jika mancing mania memancing sembilang tanpa mengetahui letak rumah-rumah ikan sembilang.

Tips jitu mancing sembilang

Tapi menurut pengalaman saya tentang sembilang, jika memancing ikan sembilang lebih baik mempelajari dengan bertanya-tanya juga tentang karakteristik jenis makanan ikan sembilang endemik daerah tersebut. Maksudnya mancing mania mencari tahu jenis makanan kesukaan ikan sembilang di daerah tersebut. Ada sebagian daerah yang ikan sembilang paling suka makan udang hidup. Ada juga sembilang yang suka makan udang kupas. Contohnya saja di daerah kampung halaman saya justru ikan sembilang suka makan umpan irisan ikan yang sudah busuk, dikarenakan di dermaga banyak sekali kapal-kapal nelayan yang membuang air ikan busuk di laut. Cara ini bertujuan agar hasil sembilang yang kita dapatkan bisa lebih maksimal.


ikan sembilang
sembilang lumayaaaaaaaaaaaann..............


majalah mancing
Tabloid Mancing Mania Edisi 202, 1 Juni-14 Juni 2012.
Tips & Trik hal 24


Semoga informasi tentang teknik mancing ikan sembilang yang sederhana ini bermanfaat buat para mancing mania pemburu ikan sembilang.

Salam Strike Mania.....

43 comments :

  1. @marsudiyanto: salam kenal jg om. iya sama2. saya pernah 2x mancing kesana. hasilnya lumayan memuaskan kok...
    @alvienrizki: santai aj om. baca2 dulu aj postingan saya. sp tau bs tertarik bwt mancing kan jadi tambah tmn. heheheheheheeee.....

    ReplyDelete
  2. Boleh tau mas, apa kebanyakan ikan yg ada di muara..??

    ReplyDelete
  3. di daerah saya ikan yang ada di muara kebanyakan ikan sembilang & ikan keting pak. untuk barramundi masih ada tapi di spot2 tertentu.

    ReplyDelete
  4. salam kenal bos...dari pada mancing di pulo tirang mending di pondasi kulon p.tirang 9ng na gde2 pa lgi kerapuna n ceplek/baramundi...akses paling mudah lwat tbk kr.anyar trus swa prau nek dyung dw 10ew 2-3org sehari tp nek prau mesin 100ew(ngampul) 4-6 orang.....fb.andikaryono@rocketmail.com

    ReplyDelete
  5. klo d daerah bagan siapi-api,tepat nya d muara batu 6 yg bagus dmna yah??

    ReplyDelete
  6. @dede: maaf bro aku bukan orang sana. aku tinggal di jawa tengah. coba hubungi aja tmn2 yg penggila mancing di daerah sana mungkin lbh tau.

    ReplyDelete
  7. matoer thank you mas bro.kl di riau umpannya pake pumpun masbro.

    ReplyDelete
  8. iya sama2 mas bro.... semakin banyak variasi umpan semakin kita tahu umpan apa yang cocok buat sembilang. mantaaaaaaaab.......

    ReplyDelete
  9. mas, kira-kira kalau pake cacing tanah mau ngk ya........

    ReplyDelete
  10. bisa gan, dulu sebelum di daerah saya blm ada penjual cacing laut biasanya orang2 mancing menggunakan cacing tanah. tp frekwensi strike kurang bagus kalau menggunakan cacing tanah.

    ReplyDelete
  11. salam kenal mas bro,
    aku biasa mancing di rumpon marina
    tp hasilnya kurang siipp,,,pernah jg ikutan spot di jembatan arteri banjir kanal hasilnya malah dpt
    9ng lumayan gede,,,kakapnya jg lumayan,,

    ReplyDelete
  12. wah manteb tuh mas bro.... jd pengen kesana. hehehehehehehe

    ReplyDelete
  13. slm mas bro...
    sya jga udah pernah dapet yang panjangnya 1 meter
    tpi umpannya pake udang kupas,,,
    tarikannya ajieeeppp.......

    ReplyDelete
  14. betul mas bro.... sy jg sering dpt ikan sembilang pake udang kupas..... kalo yang narik sembilang gede rasanya bener2 ajieeeppp....... ;-)

    ReplyDelete
  15. salam kenal mas bro,share aja kalau aku mancing sembilang di daerah sayung,lumayan sering strike nya apalagi kalau pagi hari.

    ReplyDelete
  16. umpan paling tepat apa sh..bukanya lbh cpat pke cacing laut..

    ReplyDelete
  17. tergantung lokasinya mas. kadang ada spot yg lbh cepet pakai umpan cacing laut. ada juga yg cepet pakai umpan kerang putih. ada juga yg cepet pakai udang kupas. ada juga yg cepet pakai udang hidup. ada juga yg cepet pakai kepiting kecil.
    Justru di daerah kampung halaman saya di Rembang paling cepet mancing sembilang menggunakan umpan irisan ikan yg sdh membusuk. ikan busuk bisa dicari di sepanjang pelabuhan TPI disana.

    ReplyDelete
  18. posting hueeeeeeeeebattttttttttttttt benerrrrrrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  19. postinganya..hueeeeeeeebattttttttttttttttttttt

    ReplyDelete
  20. Selamat siang mas. Perkenalkan saya Faizal, kebetulan sedang mudik di rumah mertua di Leteh Rembang. kemarin sore coba iseng-iseng mancing di Dermaga pakai cacing tapi ga dapet sama sekali alias boncos. Boleh saya minta nomor HPnya untuk berguru? Rencananya nanti sore mau mancing lagi. email saya izalahmad@gmail.com.

    ReplyDelete
  21. silahkan pak hub sy di 08562708097. tp skrg sy sdh berada di semarang pak....

    ReplyDelete
  22. maaf numpang tax' mas bro...
    ane mw tanyak apa aja umpan yg bisa d bwt mncing sembilang,
    soalx yg sya tau cma pake' udang & keong bakau,
    sya mw coba' smua umpan yg bsa d bwt mncing sembilang,
    thank's maslakon...

    ReplyDelete
  23. sembilang itu termasuk ikan yang rakus banget mas. sebenarnya umpan apa aja yg amis pasti disambernya. tp yg jd masalahnya tuh lain lubuk lain belalang mas. di daerah kampung saya sembilang suka makan potongan ikan yang 1/2 busuk. tp cm bergeser beberapa ratus meter aja, ikan sembilangnya cm mau makan pake umpan cacing bakau. ada juga yang lebih cepet pake udang hidup. kadang mancing target ikan kakap tp yg nyamber ikan sembilang terus.
    yang penting semua umpan teknik mancing dasar bs dicoba mas. mulai udang hidu, udang mati, kerang putih, cacing laut, cacing bakau, kepiting kecil, irisan ikan dll.
    selamat mencoba..... ;-)

    ReplyDelete
  24. gede banget tuh ikannya.............tp biasanya ikan sembilang makannya udang mati juga.....

    ReplyDelete
  25. salam kenal mas, saya masih newbie bgt nih mancing mas, dan belum pernah dpt semilang, yg pernah cuma krapu2 kecil ma ikan tande2, mau nanya mas, kalo mau mancing semilang lebih dari kedalam 75 cm masih bisa gk mas? soalnya spot mancing saya kalo pasang ma surut kedalamanya brubah drastis karna ada di muara sungai

    ReplyDelete
  26. salam kenal mas, masih newbie bgt nih, mau nanya mas, kalo mau mancing semilang di kedalaman lebih dr 75 cm masih ada kemungkinan dapat gk mas?

    ReplyDelete
  27. @teddy: kedalaman lebih dari 75 cm bisa mas. jangankan 75 cm, kedalaman 5 m aja kalo spotnya mendukung pasti bisa kok mas.
    selamat mencoba.... ;-)

    ReplyDelete
  28. kalo di jembatan arteri banjirkanal sama di pantai marina sblh timur (muara bjrkanal) sembilangnya doyan umpan apa yg cepet mas?
    btw sembilang sama kedokan tuh sama apa beda? maklum pemancing anyaran je...
    sy pernah dpt kedokan buanyak tp cuma segede jempol rata2 d p.marina yg muara, pake udang kupas tp bkn dasaran,alias pake pelampung dg jarak ke kail sktr 2jengkal aja. ga tau deh yg gede2 pake umpan apa dan teknik gmn. krn kalo mau dasaran sering nyangkut dan ngilangin bandul terus

    ReplyDelete
  29. ane mo tanya neh gan... klo mancing 9an di daerah pantai tanjung kait sebelah mana.. thnks buat infonya..

    ReplyDelete
  30. Pantai tirang msi bgz buat spot p g mazlakon

    ReplyDelete
  31. Mantep info ea..

    ReplyDelete
  32. Malam bisa gak mancing sembilang dan apa umpannya yg bagus.

    ReplyDelete
  33. Malem bisa ga mancing Sembilang dan apa umpan yg cocok.

    ReplyDelete
  34. Malam bisa gak mancing sembilang dan apa umpannya yg bagus.

    ReplyDelete
  35. Mancing sembilang di Muara sungai Musi Palembang Pelabuhan Tanjung Api Api, banyak mancing mania menggunakan umpan cacing nipah

    ReplyDelete
  36. Kl di muara sungai Musi Palembang (Pelabuhan Tj Api Api), mancing mania banyak menggunakan cacing Nipah yang dapat dibeli disekitar pelabuhan dan udang kupas.

    ReplyDelete
  37. @JOKOLODANG: makasih banyak masukannya mas. semoga bisa bermanfaat buat temen2 yang berada di sekitar kawasan sungai Musi.

    ReplyDelete