SPOT MANCING KARANG REMBANG

Kabupaten Rembang adalah kota paling ujung timur Jawa Tengah. Kota ini memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang hasil laut karena spot mancing karang di Rembang banyak sekali. Rembang memiliki daerah semenanjung pantai yang sangat luas dan panjang mulai dari kecamatan Kaliori sampai kecamatan Sarang yang berbatasan langsung dengan propinsi Jawa Timur. Rembang memiliki beberapa Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang setiap harinya ramai akan transaksi jual beli ikan dengan jumlah hingga hitungan ton. Dengan melimpahnya hasil laut Rembang tak heran bila setiap hari masyarakat rembang mengkonsumsi ikan segar yang didapat dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan daerah lain yang jauh dari perairan laut.


Perairan Laut Rembang

Perairan laut utara Rembang memiliki potensi terumbu karang yang sangat banyak dan luas. Diketahui bahwa terumbu karang adalah habitat ikan-ikan predator yang banyak dicari para penggila mancing mania baik kelas amatir maupun mancing mania kelas profesional. Biasanya mancing mania datang dari dalam maupun luar kota. Yang datang dari luar kota biasanya berasal dari Blora, Tuban, Pati, Kudus, Semarang, Surabaya, Jakarta bahkan kadang ada mancing mania yang datang dari luar pulau Jawa.

Terumbu Karang di Rembang

Di perairan Rembang termasuk memiliki terumbu karang yang dangkal dimana kedalaman berkisar antara 3-10m. Disini terdapat karang yang terlihat maupun karang yang tidak terlihat. Karang yang terlihat akan muncul sewaktu air laut mulai surut, sedangkan karang yang tidak terlihat tidak akan muncul walaupun air laut dalam keadaan surut. Terumbu karangnya antara lain: karang gorekan (terdapat mercusuar), karang siwalan, karang jetak, karang benowo, karang abang, karang gedhe, karang pinggir, karang tengah, dan beberapa karang lain yang jumlahnya masih sangat banyak. Untuk spot mancing selain di terumbu karang, mancing mania juga bisa mancing di spot kapal kerem (tenggelam). Spot ini juga sangat menjanjikan bagi para mancing mania.

Potensi Ikan

Untuk potensi ikan di spot ini sangat beraneka ragam. Ikan berukuran kecil, sedang, sampai ikan berukuran besar ada di sini. Tetapi untuk mendapatkan ikan berukuran monster agak susah dikarenakan semakin bertambah banyaknya jumlah nelayan yang mencari ikan di terumbu karang. Tapi untuk mendapatkan ikan berukuran 1-5kg masih banyak.

Para penghuni spot ini antara lain ikan kerapu, kakap, ngangas, kerang-kerong, tetet (gerabah), hiu karang, selar, GT, barracuda, pari, dan beberapa jenis ikan penghuni karang lainnya.

Untuk teknik mancing di spot ini biasanya para mancing mania menggunakan teknik mancing dasaran dengan menggunakan umpan cumi-cumi yang benar-benar masih fresh yang bisa dengan mudah didapatkan di TPI setempat. Biasanya kegiatan mancing dilakukan pada malam hari mulai dari pukul 20.00-06.00. Untuk mendapatkan perahu untuk memancing, mancing mania bisa menghubungi nelayan-nelayan setempat terutama nelayan di sekitar pelabuhan. Tapi kalau bisa pilihlah tukang perahu yang benar-benar sudah berpengalaman dibidang mancing karang. Kadang juga ada tukang perahu yang tidak berani berangkat pada malam hari. Perlu diketahui perbedaan memancing siang dan malam hari hasilnya sangat jauh. Ikan-ikan besar biasanya menggila pada malam hari untuk mencari makan. Kalau terpaksa mancing siang hari maka harus menggunakan umpan udang hidup. Kalau siang hari menggunakan umpan cumi-cumi pasti bakalan dimakan sama ikan-ikan kecil. Sebaliknya apabila menggunakan umpan udang hidup pada malam hari maka ikan yang dihasilkan kurang maksimal.

Pada dasarnya mancing di spot karang ini sama seperti mancing di spot karang yang lain. Mancing mania juga harus memperhitungkan cuaca, pasang surut air laut, kuat arus, moonphase, arah angin, dll. Lebih baik lagi kalau sebelum mancing, mania memancing berkonsultasi terhadap tukang perahu atau para suhu mancing yang sudah mengenal daerah ini. Terkadang kalau mancing mania nekat berangkat mancing padahal sudah dikasih tahu sama tukang perahu kalau cuacanya buruk, alhasil mancing mania akan boncos di tengah laut atau bahkan mabuk laut karena ombak yang sangat besar. Maka perlu dipertimbangkan dahulu secara matang-matang sebelum berangkat mancing di spot ini.

Selain untuk mancing mania yang gila mancing, spot ini biasanya juga bisa untuk rekreasi mancing keluarga. Biasanya untuk acara memancing bersama keluarga ataupun bersama rombongan rekreasi, tukang perahu menggunakan kapal yang ukuranya lebih besar dengan kapasitas sekitar 15-20 orang. Dan pasti untuk biayanya jg lebih mahal dibanding dengan menggunakan perahu yang berukuran 5-6 orang.

Saran saya persiapkan dahulu apa yang akan menjadi bekal memancing di spot ini baik persiapan alat pancing juga persiapan fisik dan mental supaya kegiatan memancing lebih nyaman dan hasil yang didapatkan dapat sangat memuaskan.

Demikian sedikit ulasan dari saya tentang spot mancing karang laut utara Rembang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Salam Strike Mania.....

7 komentar:

Post a Comment

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Blog templatesFree Web Templates